Sabtu, 22 Oktober 2011

Seleksi dengan Marquee

Ilmu Grafis Desain Tutorial Photoshop Seleksi dengan Marquee digunakan untuk menyeleksi objek dgn bidang dasar seperti persegi dan lingkaran. Seleksi photoshop dengan cara ini sering digunakan untuk membuat frame seperti polaroid dan black frame yang mengelilingi foto. Juga biasa dipakai untuk membuat ikon tombol website yang berbasis marquee.
Marque adalah Salah satu tool seleksi pada photoshop yang terbagi menjadi beberapa tool photoshop. Tool marquee ini dibagai menjadi, Rectangular Marque, Single Row Marquee tool dan Single Column Marquee tool. Secara mendetail akan dijelaskan sebagai berikut :
Tutorial Photoshop Seleksi dengan Marquee
Rectangular Marque
Tool ini biasanya digunakan untuk membuat seleksi dalam bentuk kotak. Untuk membuat seleksi menggunakan tool ini pilih dulu rectangular marquee tool [ M ]. Setelah itu ada beberapa pengaturan yang bisa Anda lakukan sebelum memulai membuat seleksi pada property bar:
Tutorial Photoshop Seleksi dengan MarqueeSetelah itu klik dan drag untuk membuat seleksi berupa kotak (untuk ukuran proporsional, sambil klik drag tekan tombol keyboard SHIFT ). Hasil seleksi yang dibuat pasti sesuai dengan pengaturan sebelumnya ( gambar di atas ). Secara default, anda akan membuat seleksi mode dan style normal, yang dalam arti lain tanpa diatur sebelumnya. Jika Anda ingin mengubah tepian seleksi pada hasil seleksi yang sudah ada, Anda bisa klik pada refine edge. Jika berminat mambaca artikel seleksi photoshop ukuran tertentu silakan klik link berikut.
Elliptical Marquee tool
Tool ini biasanya digunakan untuk membuat seleksi dalam bentuk lingkaran atau oval. Pengaturan sama dengan rectangular marquee tool, hanya berbeda bentuk saja. Ini adalah perbandingan hasil penggunaan tool tersebut.Tutorial Photoshop Seleksi dengan Marquee
Single Row Marquee tool
Tool ini biasanya digunakan untuk membuat seleksi dalam baris secara otomatis berukuran 1px sepanjang area photoshop dengan sekali klik pada proses pembuatan tampilan web desain. Secara default memang berukuran 1px, namun jika diubah pada pengaturan seperti feather, fixed width dll.
Single Column Marquee tool
Tool ini biasanya digunakan untuk membuat seleksi dalam kolom secara otomatis berukuran 1px sepanjang area kerja photoshop dengan sekali klik pada proses pembuatan tampilan web desain. Secara default memang berukuran 1px, namun jika diubah pada pengaturan seperti feather, fixed width dll.


sumber : http://www.ahlidesain.com/tutorial-photoshop-seleksi-dengan-marquee.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar